Sunday, November 14, 2010

7 Penyebab Kuliah Menjadi Lama

Kuliah jadi lama? Apa maksudnya? Jadi begini maksud lama disini adalah seorang mahasiswa yang seharusnya telah menyelesaikan kuliahnya atau telah lulus, tapi dia belum juga menyelesaikannya. Nah kenapa hal itu bisa terjadi..? Berikut saya coba menjelaskan alasannya menurut pendapat saya ini. Silahkan disimak teman-teman sekalian.

  1. Kuliah karena terpaksa
    Melihat anaknya diwisuda adalah kebanggaan bagi setiap orang tua. Dari lubuk hati setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi seorang yg pintar dan sukses. Bahkan memaksa anaknya untuk kuliah pun bisa saja mereka lakukan. Berawal dari sebuah keterpaksaan inilah maka ketika anaknya sudah menjadi mahasiswa dia enggan utuk serius dalam kuliah apalagi cepat2 diwisuda.

  2. Salah Jurusan
    Kalah dalam persaingan SPMB/UM PTN/PTS yang memiliki jurusan-jurusan favorit menyebabkan banyak mahasiswa memilih jurusan lain (yang tidak diminati) sebagai pelarian ketika tidak diterima. Tujuannya agar mereka tetap bisa kuliah meski jurusan itu bukan yang diminati oleh mereka.

  3. Terlalu Menikmati Kebebasan karena jauh dari Orangtua
    Tidak sedikit mahasiswa yang tinggal dikost-kostan sekarang ini. Hal ini dapat menyebabkan menurunnya pengawasan dari orang tua & komunikasi antara anak-orangtua menjadi semakin menurun. Terkadang kebebasan itu dimanfaatkan secara berlebihan oleh para mahasiswa. Dengan bebasnya mereka bermain, pacaran, begadang tiap malam, nongkrong sana-sini dan hal-hal lainnya yang dapat mengganggu aktivitas perkuliahan.

  4. Sibuk Mengikuti Organisasi Kemahasiswaan ataupun Ormas
    Tingkat Intelegency Emotional (IE) yang lebih besar daripada IQ mendorong banyak mahasiswa lebih senang berorganisasi, bersosialisasi, bertukar pikiran dan melakukan kegiatan-kegiatan organisasi atau Ormas daripada belajar. Kesibukannya itu terkadang menghabis-habiskan uang, tenaga, pikiran dan juga waktu sehingga kuliah terabaikan dan bukan prioritas lagi.

  5. Menekuni Hoby secara Berlebihan
    Softskill yang dimiliki mahasiswa mendorong untuk menjadi hobi. Jika hobi dilakukan secara wajar itu baik, tapi kalau dilakukansecara berlebihan, pasti dapat mengganggu kegiatan lainnya yang lebih penting dari hobi itu sendiri.

  6. Bisa Mendapatkan Uang Sendiri (kerja)
    Kerja terkadang dibutuhkan bagi para mahasiswa, terutama yang kurang mampu ataupun untuk menambah uang saku. Tetapi tidak sedikit pula dari mereka yg terlena dengan pekerjaannya itu. Alasannya cukup sederhana, ujung akhir dari kuliah adalah mendapatkan gelar sarjana yang bisa digunakan sebagai sarana untuk mencari kerja sehingga menghasilkan uang. Kalau kuliah aja udah bisa punya uang sendiri kenapa harus buru-buru lulus??? Menurut saya, ini adalah masalah yang banyak ditemui para mahasiswa yang sudah mendapatkan pekerjaan. Tidak sedikit mahasiswa yang berpikir buat apa kuliah, kan sudah dapat kerja ini. Untuk itu saya sarankan tidak untuk bekerja dulu, fokuslah dulu menyelesaikan kuliah. Kalau bisa membagi waktu antara kuliah dan bekerja yah itu tdk jadi persoalan.
  7. Tidak adanya Jaminan Kerja setelah Lulus
    Mungkin sekarang ini sudah banyak kampus yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan dalam negeri agar lulusannya mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Tapi ada juga kampus-kampus yang tidak ada atau belum adanya jaminan bagi lulusannya untuk cepat mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusannya. Tidak adanya jaminan inilah yang paling banyak membuat para mahasiswa berpikir untuk lebih milih lama kuliah daripada lama mengangur. Prinsipnya : Rizqi itu udah ada yang ngatur, dan kalau sudah rejeki gak bakal kemana. Jadi, buat apa cepat-cepat lulus kalau ujung-ujungnya nganggur? Yang udah jadi sarjana aja banyak yang nganggur kok.
Itu hanyalah beberapa penyebab saja. Sebenarnya masih banyak yang lainnya. Penyebab-penyebab itu semua bisa saja benar ataupun bisa saja salah. Yang terpenting adalah bagaimana niat sang mahasiswa sendiri untuk sungguh-sungguh dalam berkuliah. Contohnya : meskipun banyak aktivitas diluar jadwal perkuliahan, tidak akan mengganggu kuliahnya jika sang mahasiswa bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu dibangku perkuliahan. 

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga dapat bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment

Click Here to Make Money for FREE!